Monozukuri is Never stop Learning for human or things.

Facebook

Tuesday 12 May 2020

Belajar Autocad - Toolbar yang paling sering dipakai dalam Autocad


Salam engineer indonesia

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas tentang toolbar paling sering digunakan untuk pengoperasian autocad 2D. Dengan memunculkan toolbar ini pada workspace kita akan sangat mempermudah meningkatkan kecepatan kita dalam proses menggambar dalam autocad.


Pengenalan toolbar autocad ini sangat penting bagi pengguna seperti mechanical engineer, civil engineer maupun engineer pemula yang ingin belajar dan memperdalam autocad. Perlu diketahui bahwa toolbad ini berisi kumpulan command yang sejenis dan dirangkum dalam satu toolbar.
Dalam autocad sendiri terdapat banyak sekali toolbar, namun dari sekian banyak toolbar tersebut hanya sedikit toolbar yang sering dipakai. Harapanya dengan memunculkan toolbar ini pada wokspace kita nanti kita akan sangat membantu proses penggambaran kita pada autocad.

Perlu diketahui untuk memunculkan toolbar ini dengan cara :
 klik menu  Tools > Toolbar dan kemudian pilih toolbar yang dibutuhkan
atau apabila seeting workspace dengan claasic mode bisa dimunculkan seperti gambar kedua dibawa ini

Toolbar Menu mode


Tools > Toolbar > Select Require Item ( Classic Mode Mode)


Oleh karena ini pada tulisan kali ini akan dibahas tentang toolbar apa saja yang paling sering digunakan dalam autocad. Berikut adalah toolbar yang paling sering dipakai dalam autocad :

1. Draw

Draw toolbar ( Menu Bar Mode )
Draw toolbar ( Classic Mode )

toolbar draw berisi command sbb ;
Line, Construction line, Polyline, Polygon, Rectangle, Arc, Circle, Revision cloud, Spline, Ellips, Ellips arc, Insert block, Make block, Point, Hatch, Gradient, Region, Table, Multiline text.
Toolbar draw ini sangat penting, karena berisi sebagian besar command yang paling sering dipakai seperti membuat garis ( Line ) , membuat lingkaran ( Circle ), Membuat persegi ( Polygon ) dsb. 
Untuk penjelasan masing- masing command akan dijelaskan pada tulisan berikutnya.

2. Modify
Modify Toolbar ( Menu Bar Mode )

Modify Toolbar ( Classic mode )


toolbar modify berisi command sbb
Erase, Copy, Mirror, Offset, Array, Move, Rotate, Scale, Strect, Trim, Extend, Break at Point, Break, Join, Chamfer, Fillet, Explode.
Toolbar modify ini sangat penting, karena berisi coomand yang secara garis besar sangat diperlukan saat menggambar di autocad. Copy, Paste dan command lain yang sangat diperlukan

3. Dimension


Dimension Toolbar
toolbar dimension berisi command sbb
Linear, aligned, Arc length, Radius, Diameter, Angular, Quick Dimension, Baseline, Continou, Dimension space, Dimension break, Tolerance, Center mark, Inspection, Jogged linear, Dimension edit, Dimension tect edit, Dimension update, Dim style control, Dimension style.
Dimension toolbar ini memiliki peran yang vital dlam menggambar di autocad. Dengan coomand yang ada di toolbar dimension ini kita bisa dengan mudah membaca satuan dalam gambar yang kita buat dalam autocad.

4. Properties

Properties toolbar ( Menu Bar Mode )
Properties Toolbar ( Classic mode )

Toolbar Properties adalah toolbar yang fungsinya untuk mengatur properties dari garis / object yang ada di workspace berupa pengaturan warna object, ketebalan object / garis dan bentuk object / garis

5. Group
Group Toolbar ( Menu Bar Mode )
Group Toolbar
Group toolbar ini berisi comand untuk grouping beberapa objek dalam autocad.

sekian toolbar yang sering dipakai dalam autocad.
semoga bermanfaat.

Salam engineer indonesia

Share:

0 Comments:

Post a Comment

About

Subscribe Us

Header Ads

BTemplates.com

@2020 by kunfakhri. Powered by Blogger.

Pages - Menu